Aplikasi YouTube

Stornowaybc.com – Aplikasi YouTube. Saat ini YouTube sudah menguasai pangsa pasar dunia dengan mendapatkan banyak pengguna bahkan sejajar dengan salah satu media sosial terbesar dunia, yaitu Facebook.

YouTube adalah platform berbagi video milik Google. Meski pada awalnya YouTube bukan bagian dari Google, namun setelah bergabung dengan perusahaan raksasa teknologi tersebut, YouTube semakin berkembang pesat.

Di aplikasi YouTube, pengguna tidak hanya bisa menonton video singkat, lucu, berita terkini, musik, dan hiburan. Pengguna juga bisa membuat channel YouTube dan membagikannya kepada orang lain untuk menghasilkan uang.

YouTube berbeda dengan TikTok, karena konten yang terdapat pada platform YouTube lebih banyak berisi video panjang. Berbeda dengan TikTok yang hanya berisi video singkat diiringi musik dan tarian.

Pengertian Aplikasi YouTube

YouTube adalah situs web dan aplikasi berbagi video durasi panjang atau singkat yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005 silam. Saat ini, YouTube telah diakuisisi oleh Google dan menjadi milik mereka sepenuhnya.

YouTube dibuat dengan tujuan supaya orang bisa berbagi video mereka, namun seiring berjalannya waktu, YouTube juga memublikasikan konten video lagu, lucu, berita, dan informasi terkini. Di YouTube kita juga bisa menghasilkan uang atau mempromosikan produk.

Di aplikasi YouTube dikenal subscriber, yaitu orang yang mengikuti channel YouTube kita dan menonton video-video terbaru yang kita unggah. Ketika kita upload video baru, subscriber akan mendapat notifikasi untuk menontonnya.

Subscriber sangat berperan dalam meningkatkan kesuksesan Anda di YouTube. Sebab, mereka cenderung lebih menonton channel Anda dibandingkan penonton yang tidak subscribe channel YouTube Anda.

Sejarah Aplikasi YouTube

Sejarah YouTube didirikan oleh tiga mantan karyawan PayPal yakni Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Ketiganya mengembangkan YouTube pada 2005 karena ide pada masa itu mereka kesulitan berbagi video pesta makan malam di San Francisco.

Mereka kemudian merintis YouTube dengan dana dari Sequoia Capital antara bulan November dan April 2006. Di bulan April 2005, situs youtube.com pun aktif dan mulai berkembang pada bulan-bulan berikutnya.

Tak sampai di situs saja, sebelum resmi meluncur pada November 2005, YouTube bahkan sudah memiliki trafik yang mengejutkan. Setahun berselang, pertumbuhannya semakin pesat dengan ada lebih dari 5 ribu video diunggah setiap harinya. Dalam sehari, kunjungan situs YouTube mencapai 100 juta.

Google Inc pada Oktober 2006 langsung membeli YouTube dengna nilai $1,65 miliar dalam bentuk saham. Setahun setelahnya, pada 2007 YouTube sukses menjadi situs peringkat 3 versi Aleax setelah Google dan Facebook.

Akuisisi dari Google tersebut juga membuat YouTube makin populer, sampai majalah Forbes menyebutkan pendapatan aplikasi YouTube pada 2008 mencapai $200 juta dollar. Di tahun 2013, YouTube pun meluncurkan program premium dalam channelnya.

Program baru itu memungkinkan pengguna menonton video bebas iklan. Setelah itu pada Februari 2015, YouTube juga memperkenalkan aplikasi YouTube Kids, khusus untuk pengguna anak-anak. Aplikasi ini berisi konten yang hanya boleh ditonton oleh anak berusia 13 tahun ke bawah.

Pada bulan Agustus 2017, YouTube memperkenalkan logo baru yang lebih modern. Desain itu memperlihatkan tombol putar (play) di samping tulisan YouTube. Dengan adanya logo baru tersebut, aplikasi YouTube menjadi terlihat makin elegan dan modern.

Jenis usahaAnak perusahaan Google
Jenis situsPlatform penyimpanan dan berbagi video
Didirikan14 Februari 2005
PemilikAlphabet Inc.
PendiriSteve Chen, Chad Hurley, Jawed Karim
Situs webwww.youtube.com
Peringkat Alexa2 (2 Oktober 2020)

Fitur Aplikasi YouTube

YouTube dalam perkembangannya terus menghadirkan fitur menarik yang membuat pengguna semakin nyaman dan betah menggunakanya. Salah satu yang terbaru adalah YouTube Stories layaknya pada aplikasi Instagram.

Fitur lain yang tak kalah menarik di YouTube antara lain sebagai berikut.

1. Anotasi

Anotasi adalah fitur di YouTube untuk pengunggah video merekomendasikan video lain dalam bentuk link maupun kotak ketika video tengah diputar. Fitur ini menguntungkan pemilik channel supaya video yang mereka buat menjadi semakin banyak ditonton orang.

2. Autoplay YouTube

Autoplay adalah fitur putar otomatis di YouTube yang membuat pengguna bisa menonton langsung video rekomendasi lainnya. Fitur ini jika diaktifkan membuat YouTube akan secara otomatis memutar video berikutnya yang sesuai preferensi penonton.

3. Kecepatan Video

Ada juga fitur kecepatan video yang memungkinkan pengguna bisa mempercepat atau memperlambat video yang tengah diputar. Fitur ini akan membantu pengguna ketika sedang menonton video supaya bisa lebih mudah dipahami.

4. Subtitle

Fitur menarik lain pada aplikasi YouTube adalah subtitle otomatis. Ketika mengaktifkannya, pengguna bisa melihat kata atau kalimat yang diucapkan, entah itu dalam video musik, film, tutorial, dokumentasi, hingga percakapan yang mungkin kadang susah dipahami.

5. Download Video YouTube

YouTube juga menyediakan fitur download untuk hp dan tablet sehingga pengguna bisa menonton video tersebut secara offline dalam jangka waktu 30 hari. Fitur ini tidak tersedia pada situs YouTube dan pengguna bisa memilih resolusi yang diinginkan.

6. Live Streaming

Live Streaming adalah fitur yang dikembangkan YouTube sejak lama, fitur ini hanya tersedia untuk beberapa partner YouTube saja. Tapi sejak tahun 2017 fitur ini sudah bisa dipakai semua orang, tidak dibatasi hanya beberapa pengguna saja.

7. Video 360 Derajat

Ada fitur video 360 derajat di YouTube, membuat pengguna bisa mengunggah video 360 derajat menggunakan headset virtual reality. Meski demikian masih belum banyak pengguna YouTube di Indonesia yang menggunakannya.

8. YouTube Stories

Fitur YouTube Stories tersedia di aplikasi sejak tahun 2018 lalu, dikenal dengan nama YouTube Reels. Fitur ini memungkinkan para kreator mengunggah foto atau video signkat dengan durasi 1 menit yang bertahan 24 jam.

9. YouTube Premium

YouTube Premium adalah fitur berbayar untuk pengguna aplikasi YpuTube. Fitur berlangganan ini membuat pengguna bisa menonton vidoe bebas iklan, download dan tonton video offline, serta menadpat manfaat menonton video original dari YouTube.

Manfaat Aplikasi YouTube

Selama ini mungkin pengguna mengakses YouTube untuk mendapatkan manfaat hiburan dari video yang diunggah. Padahal sebenarnya aplikasi YouTube memiliki banyak manfaat lainnya, di antaranya sebagai berikut.

1. Mendapat Penghasilan dari Google AdSense

Apabila video kita memiliki cukup banyak penonton, silahkan daftarkan pada Google AdSense yang akan membayar Anda setiap kali orang klik iklan pada video tersebut. Tapi perlu dipahami bahwa ada syarat untuk mendaftar, yaitu memilik 1 ribu pengikut dan 4.000 jam tayang.

2. Mempromosikan Usaha

Anda bisa menggunakan YouTube untuk memperomosikan usaha, bisnis, atau bahkan diri sendiri sebagai influencer. Seseorang juga dituntut untuk kreatif mempromosikan dirinya menggunakan CV supaya bisa menarik perhatian pengguna YouTube lain.

3. Menonton Berita

Di aplikasi YouTube kita juga bisa mendapatkan informasi dan berita terbaru terkini untuk berbagai aspek. Jadi bisa dikatakan YouTube sudah bisa menjadi pengganti koran, televisi, atau platform media online mainstream di masa kini.

4. Media Belajar

Selain itu semua, YouTube juga bisa menjadi media belajar gratis. Karena di dalamnya ada banyak sekali tutorial yang berkaitan dengan kemampuan diri, mulai dari editing video, desain grafis, coding, Internet Marketing, bisnis, memasak, memancing, dan sebagainya.

Cara Download Aplikasi YouTube

Cara download aplikasi YouTube sangat mudah, dan gratis. Aplikasi ini tersedia untuk Android dan iOs, berikut langkah-langkah melakukan unduhan pada YouTube.

  • Buka Google Play Store atau App Store yang ada di HP.
  • Pada menu pencarian, silakan ketikan “YouTube” kemudian cari.
  • Anda akan melihat hasil pencarian pada layar HP, salah satunya adalah aplikasi berbagi video ini.
  • Ikon dari YouTube berbentuk pemutar video dan warna merah sebagai background-nya.
  • Silakan buka kemudian lakukan instalasi.

Akhir Kata

Sekian pembahasan dari kami mengenai pengertian aplikasi youtube. Perkembangan informasi akan YouTube masih terus berlanjut, karena itu konten ini akan terus diperbaharui ke depannya.