Aplikasi Investasi

Stornowaybc.com – Aplikasi investasi. Berinvestasi memang tengah menjadi tren yang berkembang di masyarakat, karena saat ini banyak yang sadar akan pentingnya memiliki aset untuk masa depan.

Bahkan keperluan tersebut telah dipermudah dengan dukungan teknologi yang terus berkembang pesat. Pada dasarnya sekarang ada banyak pilihan aplikasi untuk investasi melalui smartphone Android saja.

Instrumen investasi yang bisa digunakan juga bermacam-macam, dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti aplikasi investasi saham, reksadana, obligasi, forex, mata uang crypto, properti, emas, dan masih banyak lagi.

Ketika menggunakan aplikasi untuk berinvestasi, tentu saja Anda perlu menggunakan aplikasi yang sudah resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Karena aplikasi tersebut sudah dijamin legal dan resmi beredar di Indonesia.

Daftar Aplikasi Investasi Terbaik di Android

Berikut rekomendasi pilihan aplikasi investasi terbaik, terpercaya, dan resmi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Anda bisa download pada Play Store atau melalui browser aplikasi Opera Mini dan sebagainya.

1. Nanovest

PT Growing Together Nano merilis aplikasi investasi generasi baru “Nanovest”, yang dimulai dari 22 November 2021 pada tantangan daftar tunggu dan video trailer aplikasi pasar investasi aset digital ini.

Moto Nanovest adalah “Kembangkan kekayaan dengan cara Anda sendiri” dan bertujuan untuk menyediakan platform investasi yang sederhana, aman, dan menarik bagi investor Indonesia. Aplikasi investasi Nanovest memberikan kemudahan pembelian saham global dan aset kripto mulai 5.000 rupiah kapan saja.

Selain itu Nanovest tidak membebankan biaya transaksi alias gratis. Nanovest hanya mendukung pembelian saham asing (saham global) yang tersedia di bursa saham AS, dan tidak mendukung semua jenis penawaran umum melalui aplikasi.

2. Ajaib

Lain lagi yang populer di kalangan milenial dan Gen Z adalah Ajaib. Aplikasi Ajaib ini menyediakan saham dan reksa dana. Cara penggunaan aplikasi Ajaib sangat mudah, ketika pemula melihat dari awal memasuki aplikasi tersebut.

Ada beberapa panduan dan rekomendasi produk yang paling sesuai dengan situasi keuangan di Ajaib. Aplikasi Ajaib ini juga memberikan notifikasi tentang waktu terbaik untuk membeli dan menjual saham untuk Anda di aplikasi trading ini.

Dengan cara ini, Anda dapat memaksimalkan keuntungan atau mengurangi kerugian yang dialami oleh para investor pemula. Jangan khawatir, aplikasi Ajaib ini telah dilisensikan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan OJK.

3. Bareksa

Bareksa juga mengklaim bahwa mereka adalah pasar reksa dana yang menjual ratusan produk dari berbagai perusahaan yang dikelola oleh manajer investasi. Pilihannya juga berbeda, dari reksa dana, surat berharga negara (SBN), sampai emas.

Semua produk di dalam aplikasi Bareksa memiliki penjelasan yang jelas, termasuk perubahan harga, kemungkinan keuntungan, dan risiko. Sebelum membeli, Bareksa akan mensimulasikan aliran dana untuk setiap produk.

Karena itu, Anda dapat mempertimbangkan pro dan kontra yang mungkin Anda dapatkan pada Bareksa. Aplikasi Bareksa ini juga menyediakan tabel portofolio untuk setiap pengguna. Bareksa juga telah tersertifikasi OJK dan merupakan mitra distribusi SBN retail.

4. HSB Investasi

Pilihan berikutnya jatuh pada HSB Investasi. Sedikit berbeda dengan aplikasi sebelumnya, HSB Investasi lebih cocok untuk pengguna yang memiliki pengalaman investasi. Produk yang ditawarkan juga beragam dan bisa dipilih pengguna.

Mulai dari valuta asing (valas), logam mulia, indeks saham, dan masih banyak lagi pilihannya pada aplikasi HSB Investasi. Seluruh aktivitasnya diatur oleh Badan Pengatur Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (BAPPEBTI), ICDX dan ICH.

Salah satu keunggulan HSB Investasi adalah CITRA (Informasi Kliring Perdagangan). Ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah melihat setiap transaksi yang dilakukan secara langsung pada HSB Investasi.

5. KoinWorks

KoinWorks adalah salah satu aplikasi pinjaman P2P paling populer. Fungsi-fungsi yang dibawa oleh aplikasi KoinWorks ini sangat lengkap, bahkan jika Anda masih pemula, Anda dapat melakukan investasi dengan lebih mudah.

Batas minimal investasi pada aplikasi KoinWorks juga bervariasi tergantung produk yang Anda pilih. Misalnya, untuk emas, minimal dibutuhkan Rp1.000. Sedangkan untuk saham minimal di KoinWorks adalah Rp 100.000.

Seperti yang Anda ketahui, KoinWorks menjanjikan tingkat pengembalian tahunan hingga 18%. Seperti aplikasi lainnya, KoinWorks telah lulus sertifikasi OJK, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan investasi di KoinWorks.

6. Bibit

Salah satu nama yang mulai dikenal luas di dunia maya adalah Aplikasi Bibit. Bibit ini adalah aplikasi investasi all-in-one, di mana Anda bisa mengalokasikan dana ke obligasi dalam bentuk reksa dana dan pasar saham.

Bahkan, ada juga pilihan investasi syariah di aplikasi Bibit, dan dalam aplikasi ini terdapat AI bernama Robo Advisor. Ini akan membantu Anda memilih jalur investasi berdasarkan pendapatan dan dana yang ingin Anda alokasikan.

Setelah melakukan registrasi dan memasukkan data, Robo Advisor membagi file konfigurasi menjadi 3 jenis yaitu konservatif, sedang dan agresif. Masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda untuk digunakan para investor.

7. Tanamduit

Memasuki Tanamduit, Anda tidak akan merasa kaku karena penampilannya yang ceria seperti berusia ribuan tahun. Diantaranya, ada empat produk investasi pada Tanamduit, yaitu reksa dana, obligasi negara, asuransi, dan emas.

Produk utama dari aplikasi Tanamduit ini adalah emas. Menariknya, ketika Anda menyetor emas, Anda akan mendapatkan kartu emas. Kartu tersebut dapat dikirim ke orang lain, seperti pasangan atau orang tua.

Sistem pembayaran Tanamduit sangat sederhana, Anda hanya perlu berjualan lagi melalui aplikasi ini. Tidak perlu bingung, karena sudah ada kecerdasan buatan dan berbagai artikel di Tanamduit untuk menjawab pertanyaan Anda.

8. Tokopedia Investasi

Aplikasi investasi lain yang sangat direkomendasikan adalah Tokopedia Investasi. Berbeda dengan daftar aplikasi sebelumnya, Tokopedia Investasi sendiri merupakan fungsi layanan investasi reksa dana yang disediakan dalam aplikasi Tokopedia.

Tidak hanya pengoperasiannya yang sederhana, modal awal yang diberikan oleh Tokopedia Investasi juga sangat bersahabat bagi pemula. Khususya bagi yang masih ragu untuk berinvestasi, karena hanya mulai dari Rp 10.000.

Dalam menyediakan layanan ini, Tokopedia bekerja sama dengan Syailendra Capital sebagai manajer investasi (MI) dan Bareksa sebagai agen penjual reksa dana (APERD) yang berpengalaman. Jadi jangan khawatir menggunakan Tokopedia Investasi.

Akhir Kata

Penjelasan mengenai aplikasi investasi terbaik pada smartphone Android sepertinya sudah cukup sampai di sini. Silahkan gunakan aplikasi-aplikasi yang sudah kami rekomendasikan di atas untuk digunakan berinvestasi di sektor apa saja.