Aplikasi Chat

Stornowaybc.com – Aplikasi chat. Dahulu, orang-orang mungkin hanya bisa berkomunikasi menggunakan telepon atau SMS dari jarak jauh, dan itu akan menghabiskan pulsa yang tidaklah sedikit.

Tapi di masa sekarang, seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, bermunculan banyak sekali aplikasi untuk chatting online di Androi dan iPhone. Sebut saja WhatsApp, Telegram, Line, dan masih banyak lagi.

Bukan cuma chat saja, aplikasi tersebut juga kerap memiliki fitur lain seperti melakukan panggilan suara atau video. Sehingga tidak heran banyak aplikasi chatting yang juga merangkap sebagai aplikasi VC gratis.

Apabila Anda ingin tahu rekomendasi apa saja aplikasi chatting pada hp Android beserta fitur dan keunggulannya masing-masing, di sini kami akan memberikan informasinya. Anda bisa menyimak rekomendasi aplikasinya di bawah ini.

Daftar Aplikasi Chat Terbaik di Android

Seperti aplikasi mengembalikan foto yang terhapus, aplikasi chat juga ada banyak pilihannya di hp Android. Anda pun bisa mengunduhnya secara gratis melalui platform Play Store untuk ponsel Android.

1. WhatsApp

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah pernah menggunakan tentang aplikasi WhatsApp. Aplikasi WhatsApp memungkinkan Anda melakukan panggilan suara, panggilan video, dan pesan instan gratis di perangkat iOS dan Android.

Bukan cuma bisa diinstall di hp saja, WhatsApp memiliki platform yang lebih fleksibel. Anda dapat menggunakan WhatsApp Web di browser apapun, ataupun juga mengunduh versi desktop untuk sistem operasi Windows dan Mac.

WhatsApp digunakan oleh lebih banyak orang daripada aplikasi chatting lainnya, mungkin teman dan rekan bisnis Anda sudah menginstalnya. Jika seseorang telah menyimpan kontak di ponsel Anda, Anda akan secara otomatis terhubung dengan mereka.

2. Facebook Messenger

Platform Facebook tidak hanya menjadi menjadi aplikasi media sosial terbesar di dunia pada saat ini. Aplikasi tersebut juga memiliki layanan chatting online atau perpesanan terbesar kedua dalam hal pengguna aktif, Facebook Messenger.

Di Amerika Serikat, sudah terdapat lebih dari 100 juta pengguna Facebook Messenger dan ini menjadikannya aplikasi obrolan yang paling banyak digunakan. Anda pun tidak perlu buat akun Facebook Messenger jika sudah memiliki akun FB.

Apabila menggunakan Facebook Messenger, Anda dapat terhubung dengan siapa saja dengan akun Facebook secara gratis. Selain itu, Anda juga bisa gunakan Facebook Messenger tanpa akun FB dengan cara registrasi di Messenger.

3. LINE

Aplikasi chat online terbaik lainnya adalah LINE, yang juga telah banyak dipercaya dan digunakan khususnya pengguna di Asia Timur. Dengan lebih dari 200 juta user aktif, LINE adalah aplikasi obrolan terpercaya di Thailand, Korea, Taiwan, dan Jepang.

Meskipun tidak sepopuler WhatsApp atau Facebook Messenger, aplikasi chatting ini penuh dengan fitur yang menyertakan sejumlah fungsi bermanfaat. Termasuk adaya Game garis yang dapat Anda mainkan dengan teman-teman antarnegara Anda.

Ada juga fitur LINE pay yang bisa dipakai untuk mengirim dan menerima uang. Kemudian fitur lainnya yang tak kalah menarikdari LINE adalah LINE Taxi untuk memanggil taksi, serta Line Today bersama dengan berita utama hari ini.

4. Snapchat

Snapchat adalah aplikasi chatting lainnya yang sangat berguna dan menyenangkan untuk Android dan iOS. Keunggulannya adalah Anda dapat mengirim foto untuk disimpan dalam waktu yang terbatas sebelum terhapus otomatis.

Foto atau ‘Snap’ tersebut dapat dikirim secara pribadi ke penerima tertentu, atau dilihat oleh sekelompok orang di feed Snapchat Anda. Selain itu, Anda dapat menggunakan aplikasi Snapchat untuk voice call dan video call.

Snapchat adalah salah satu aplikasi pertama yang memungkinkan Anda memasang filter augmented reality pada foto yang Anda kirim. Filter itu dapat membuat Anda terlihat seperti alien, atau sesuatu menarik lainnya.

5. WeChat

Dengan lebih dari satu miliar pengguna, WeChat adalah aplikasi chatting gratis yang paling banyak digunakan saat ini. Khususnya pengguna berasal dari China, Hong Kong, dan sekitarnya menjadikannya terpopuler ketiga di dunia.

Hal ini wajar, karena di China ada banyak aplikasi obrolan populer lainnya diblokir. Sehingga membuat aplikasi buatan developer China saja yang bisa di-install, memungkinkan mereka agar terhubung dengan orang-orang di China.

WeChat dikenal sebagai aplikasi ‘all in one’. Karena ada banyak dari fitur-fitur WeChat berada di luar kemampuan obrolan saja. Termasuk fungsi media sosial, berbagi lokasi, menyiarkan ke banyak penerima, dan fitur pembayaran seluler.

6. Skype

Skype, salah satu aplikasi chat online tertua dan terpopuler di dunia menjadi opsi terbaik lainnya dalam daftar ini. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengirim pesan teks, obrolan video, dan melakukan panggilan suara.

Aktivitas komunikasi tersebut bisa dilakukan ke pengguna Skype lain, semuanya gratis. Selain fitur gratis yang ditawarkan Skype, ada juga beberapa opsi premium dengan penawaran fitur yang lebih lengkap lagi.

Dengan menggunakan fitur premium, Anda dapat melakukan panggilan telepon biasa ke nomor telepon biasa (ponsel dan telepon rumah). Namun, fitur Skype itu tidak gratis dan biayanya dapat bervariasi tergantung pada lokasi negara.

7. Google Hangouts

Google mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan Google Hangouts pada Oktober 2019 untuk pelanggan G Suite (bisnis yang membayar untuk aplikasi Google). Sebagai gantinya, Google mengganti nama Hangouts sebagai dua aplikasi berbeda.

Aplikasi yang dimaksud adalah Hangouts Meet atau yang lebih dikenal dengan nama Google Meet dan Hangouts Chat atau yang lebih dikenal dengan nama Google Hangouts. Sesuai namanya, Google Hangouts hanya diperuntukkan untuk chat saja.

Hangouts Chat atau Google Hangouts berfungsi sebagai aplikasi chat perusahaan Google. Aplikasi ini memungkinkan percakapan individu ataupun grup di antara orang-orang yang sudah memiliki alamat email Gmail.

8. Viber

Meskipun tidak terlalu populer di negara-negara barat, Viber adalah salah satu aplikasi chatting dan obrolan yang paling banyak digunakan di Eropa Timur. Tentu saja aplikasi ini bisa ditemukan gratis di Play Store untuk Android.

Seperti aplikasi yang lain dalam daftar ini, Viber Chatting memberikan fitur khusus agar pengguna bisa melakukan obrolan suara gratis. Selain itu juga ada fitur video chat, dan instant messaging saat menggunakan koneksi WiFi.

Namun, Viber menawarkan beberapa fitur premium berbayar seperti Viber Out. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk menelepon orang-orang di telepon rumah atau nomor seluler mereka dengan Viber credit yang harus dibeli.

9. Telegram

Dengan kurang dari 200 juta pengguna di seluruh dunia, aplikasi yang kurang dikenal ini awalnya hanya memiliki sedikit penggemar. Tapi sekarang, aplikasi Telegram telah menjadi salah satu pesaing serius WhatsApp.

Telegram adalah aplikasi chatting gratis yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan suara, video, dan teks ke pengguna lain di seluruh dunia. Keamanan end to end dari aplikasi ini bahkan dikatakan lebih aman dari “obrolan rahasia”.

Aplikasi Telegram memberi tahu dirinya sendiri untuk mengirim pesan yang aman. Fungsi obrolan lainnya, meskipun bukan enkripsi end to end, tetap menggunakan metode enkripsi lain yang sangat dijamin aman.

10. Signal Private Messenger

Signal Private Messenger adalah aplikasi perpesanan dan voice call gratis dan terfokus untuk obrolan pribadi atau private, bukan obrolan grup. Signal Private Messenger dapat Anda gunakan di desktop pada smartphone iPhone dan Android.

Nomor telepon saja sudah cukup untuk registrasi di Signal Private Messenger. Anda dapat menggunakan fitur reply atau stiker emoji untuk mengirim pesan teks atau melakukan panggilan suara serta video secara individu.

Komunikasi pada aplikasi ini sangat aman, dienkripsi end-to-end, artinya hanya orang-orang dalam pesan yang dapat melihat isi pesan tersebut. Bahkan paket stiker yang ada di dalamnya juga mendapatkan enkripsi khusus mereka sendiri.

Akhir Kata

Pembahasan soal aplikasi chat android mungkin cukup sampai di sini terlebih dahulu seperti pada ulasan di atas. Anda dapat memakai aplikasi-aplikasi di atas untuk saling terhubung dan berkomunikasi dengan orang lain.