Aplikasi Cek Pajak Kendaraan

Stornowaybc.com – Aplikasi cek pajak Kendaraan. Sebagai warga negara yang baik, tentu saja kita harus rajin membayar pajak, terutama pajak kendaraan apabila kita memiliki sepeda motor maupun mobil.

Sebab pajak tersebut akan digunakan oleh negara untuk kepentingan bersama, seperti membangun fasilitas jalan raya agar lebih mudah dilalui kendaraan. Maka, jangan sekali-kali Anda mangkir dari pembayaran pajak.

Apalagi di masa sekarang pembayaran pajak kendaraan sangatlah mudah dilakukan, seperti aplikasi BPJSTKU, aplikasi untuk cek pajak kendaraan juga banyak tersedia. Aplikasi ini gratis digunakan oleh siapapun yang memiliki motor atau mobil.

Seperti halnya aplikasi chat, aplikasi untuk mengecek pajak kendaraan bermotor di hp Android juga beragam. Aplikasi-aplikasi berikut akan secara otomatis menampilkan informasi jumlah pajak kendaraan yang harus Anda bayarkan.

Daftar Aplikasi Cek Pajak Kendaraan di Android

Ini dia daftar aplikasi cek pajak kendaraan resmi dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polri di hp Android. Anda dapat mengunduh dan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi di bawah ini sesuai wilayah masing-masing.

1. Samsat Online

Aplikasi yang satu ini merupakan rekomendasi aplikasi yang bisa membantu para pemilik kendaraan untuk melakukan pengesahan STNK Tahunan. Selain itu ada juga beberapa fitur dan layanan bermanfaat lainnya yang bisa digunakan.

Seperti fitur Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), sampai dengan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Oleh karena itu, Samsat Online wajib Anda install di hp Android masing-masing.

Aplikasi Samsat Online menggunakan database kendaraan bermotor yang dimiliki oleh Polri. Samsat Online sudah terintegrasi dengan sistem informasi pajak kendaraan bermotor setiap provinsi sehingga datanya sanat akurat.

2. Cek Pajak Motor Mobil

Bisa dikatakan bahwa aplikasi bernama Cek Pajak Motor Mobil merupakan aplikasi terbaru. Cek Pajak Motor Mobil memiliki fungsi dan kegunaan tidak jauh berbeda halnya dengan aplikasi cek pajak kendaraan yang sudah disebutkan di atas.

Contohnya, aplikasi ini memiliki fitur yang bisa membantu pemilik motor atau mobil untuk mengetahui status pajak kendaraan, sangat berguna seperti aplikasi maps. Ingat, bukan hanya terbatas pada kendaraan sepeda motor saja tetapi juga cek pajak mobil.

Pengguna juga bisa mengetahui data kendaraan, alamat pemilik STNK, dan nomor pelat polisi kendaraan. Cek Pajak Motor Mobil bisa digunakan untuk mengetahui tagihan pajak dari kendaraan yang harus dibayarkan dan tanggal jatuh tempo.

3. SAMBARA

Aplikasi SAMBARA khusus dipakai bagi yang tinggal di daerah Jawa Barat. Aplikasi ini memang dikelola secara khusus oleh pemerintah Jawa Barat, sehingga tidak bisa dipakai masyarakat Jateng, Jawa Timur, DKI Jakarta, atau Banten.

Aplikasi cek pajak kendaraan online bernama SAMBARA ini bisa digunakan untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan bermotor daerah setempat. Dalam aplikasi ini para pengguna juga bisa menampilkan status pajak kendaraan sudah dibayar atau belum.

SAMBARA juga sangat ringan untuk digunakan karena memiliki size yang kecil, serta tidak ada iklan yang mengganggu di dalamnya. Pemilik kendaraan bermotor hanya perlu memasukkan nomor pelat kendaraan untuk mengecek nominal pajaknya.

4. SAKPOLE e-SAMSAT JATENG

SAKPOLE e-SAMSAT JATENG dikelola secara langsung oleh PSI – BPPD Provinsi Jawa Tengah. Khusus bagi masyarakat daerah yang tinggal di daerah Jawa Tengah, Anda bisa mendapatkan informasi pajak kendaraan bermotor lewat aplikasi ini.

Aplikasi SAKPOLE e-SAMSAT JATENG memang secara khusus dibuat untuk mempermudah warga di wilayah Jateng dalam mengelola pajak mobil dan motor. Terutama dalam hal melakukan pembayaran pajak via Samsat online atau e-Samsat.

Dengan aplikasi SAKPOLE e-SAMSAT JATENG, pengguna tidak perlu datang langsung ke kantor Samsat untuk membayar pajak. Cukup buka aplikasinya, cek nominal pajak dan tanggal jatuh tempo, Anda bisa melunasi pajak kendaraan pribadi.

5. Cek Pajak Kendaraan

Aplikasi yang memiliki nama Cek Pajak Kendaraan merupakan aplikasi yang berguna untuk para pemilik kendaraan bermotor. Aplikasi ini membantu Anda mengecek status pajak serta nomor polisi kendaraan bermotor dengan praktis.

Untuk sementara, Cek Pajak Kendaraan hanya digunakan di daerah Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, serta Sulawesi Selatan. Namun akan terus diperluas ke depannya.

Boleh dikatakan bahwa Cek Pajak Kendaraan terbilang cukup ringan, mudah, dan tidak banyak ikan di dalamnya. Tak berbeda dengan aplikasi pengukur jarak, aplikasi ini juga bisa Anda download dengan gratis lewat Play Store atau App Store.

Akhir Kata

Pembahasan soal aplikasi cek pajak kendaraan android mungkin cukup sampai di sini terlebih dahulu seperti pada ulasan di atas. Semoga ulasan yang disampaikan di atas membuat kita jadi lebih paham apa saja aplikasi yang bisa dipakai untuk mengecek pajak motor dan mobil.