Aplikasi Blackberry Messenger

Stornowaybc.com – Aplikasi Blackberry Messenger. Blackberry Messenger atau BBM merupakan salah satu aplikasi chatting online yang sangat terkenal pada zamannya, dan tentu saja banyak digunakan orang.

Sebelum WA, Telegram, Signal, Line, dan aplikasi chat online lainnya populer, BBM telah menjadi salah satu raja aplikasi di dunia. Penggunanya juga sangat banyak tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Namun sayangnya aplikasi ini telah berhenti beroperasi karena sudah tidak ada lagi penggunanya. Hal tersebut terjadi karena pengaruh perkembangan Android yang sangat pesat, membuat BBM menjadi meredup.

Apakah Anda ingin mengetahui lebih lanjut soal aplikasi BBM? Mengenai sejarah, asal-usul, fitur, dan alasan kenapa aplikasi ini berhenti? Kami akan membahasnya setelah sebelumnya mengulas aplikasi bahasa Arab.

Pengertian Blackberry Messenger

BlackBerry Messenger (BBM) adalah aplikasi pengiriman pesan instan untuk pengguna perangkat BlackBerry. Aplikasi ini menggunakan fungsi atau aktivitas yang populer di kalangan pengguna perangkat seluler.

Namun tak lama lagi BBM akan menjadi sejarah dan akan ditutup pada 31 Mei 2019. Saat pertama kali dirilis, BlackBerry dan aplikasi andalannya BBM (Blackberry Messenger) meninggalkan kesan tersendiri bagi penggunanya.

Hal ini dikarenakan aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh pengguna BlackBerry lainnya. Awalnya, layanan Messenger ini dibuat khusus untuk pemilik BlackBerry dan dirancang khusus untuk komunikasi antar pengguna.

Tentunya banyak orang yang mengetahuinya bahkan saat menggunakannya, yakni dengan menghubungkan kode PIN antar pengguna lain dari layanan ini yang dimiliki oleh masing-masing pemilik smartphone BlackBerry.

Namun, kesan eksklusif BBM pada perangkat seluler BlackBerry tidak hilang dari ponsel yang banyak digunakan di seluruh dunia. Hal ini karena sejalan dengan rencana BlackBerry untuk memamerkan aplikasi ini untuk platform yang bisa dikatakan sebagai pesaing di pasar gadget atau pasar ponsel.

Pengguna platform Android dan iOS dapat menggunakan layanan BBM ini di ponsel mereka. Pada 23 Oktober 2013, dengan dirilisnya BBM untuk iOS dan Android, layanan BBM baru secara resmi lintas platform.

Pengertian BB dan BBMe

BlackBerry Limited (BB) akan meluncurkan BBM Enterprise (BBMe) untuk menggantikan BlackBerry Messenger yang akan ditutup pada 31 Mei 2019. Jadi, apa itu BBM?

Chief Marketing Officer BlackBerry Mark Wilson menjelaskan dalam keterangan resmi yang dikutip CNBC Indonesia pada Jumat (19 April 2019) bahwa BBMe merupakan platform pesan terenkripsi end-to-end terbaru.

Tujuannya untuk percakapan pribadi dengan pelanggan korporat. BBMe menyediakan 12 bulan layanan private, voice, video dan group chat yang aman dan gratis. Saat ini, pengguna dapat mengunduh BBMe dari Google Play store di Android.

Blackberry Messenger Indonesia

BBM adalah bagian dari Grup Emtek. Kerjasama ini merupakan komitmen BBM terhadap kehidupan. BBM berkolaborasi dengan Emtek dalam bentuk branding, perjanjian lisensi perangkat lunak, dan hak kekayaan intelektual untuk aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) pada Juni 2016.

Sejarah Blackberry Messenger

Pencipta smartphone Blackberry adalah Mike Lazaridis yang saat ini populer di kalangan pengguna ponsel, dan merupakan BlackBerry. Dia adalah seorang imigran Yunani dari Waterloo, Kanada.

Pendiri Research In Motion (RIM) lahir di Turki. Pada usia 4 (empat) tahun membuat Lego dsi record player, dan pada usia 5 (lima) tahun membuat radio, kuliah di University of Waterloo di Canada.

BlackBerry adalah ponsel pintar. BlackBerry Messenger adalah perangkat lunak di BlackBerry yang memungkinkan pengguna ponsel beralih ke BlackBerry untuk menggunakan BlackBerry Messenger.

Oleh karena itu, BlackBerry Messenger adalah program pesan instan untuk pengguna perangkat BlackBerry. Aplikasi menggunakan kemampuan fungsi atau aktivitas yang populer di kalangan pengguna perangkat telepon seluler.

Awal Mula Dirilis

Saat pertama kali dirilis, BlackBerry meninggalkan kesan unik bagi pengguna dengan aplikasi andalannya. Karena aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh pengguna smartphoen atau ponsel pintar BlackBerry.

Koneksi antar pengguna tersebut adalah adanya kode PIN yang dimiliki oleh masing-masing pemilik smartphone BlackBerry Jika dulu Mike Lazaridis adalah pendiri RIM, maka jenius di balik kesuksesan BlackBerry dengan platform terbaiknya BlackBerry Messenger (BBM) adalah Gary Klassen.

Gary merupakan lulusan Geologi dari University of Waterloo yang juga menjadi pelopor perkembangan Blackberry Messenger. Sebelum bekerja untuk RIM, Gary lulus di bidang geologi dan saat itu juga sedang belajar teknologi informasi.

Saat mengungkapkan ide untuk membuat aplikasi pesan instan untuk platform BlackBerry lainnya, Garry mengatakan bahwa tidak semua orang di RIM setuju dengan ide ini. Banyak orang tidak percaya bahwa ide ini akan luar biasa seperti sekarang ini.

Namun pada akhirnya ia berhasil membujuk petinggi RIM dan mempercayakan proyek BBM kepadanya. Proyek BlackBerry Messenger (BBM) dimulai pada tahun 2005, ketika seorang mahasiswa dari Mississauga mencoba aplikasi pesan instan yang dibuatnya.

Persaingan dengan Kompetitor

Kemudian mengirimkannya ke RIM (Research In Motion), dan akhirnya direkrut oleh Gary. Awalnya, tim asuhan Gary Klassen ini mengalami beberapa kali kegagalan dan kesalahan. Selain itu, tekanan yang mereka rasakan semakin meningkat.

Karena harus bersaing dengan proyek aplikasi sejenis, seperti MSN dan AOL Instant Messenger yang sedang naik daun saat itu. Namun, karena beberapa kegagalan saat itu, indikator huruf “D” dan “R” yang menunjukkan bahwa pesan telah dikirim (D) dan dibaca oleh penerima pesan (R).

Hingga saat ini, pengguna BlackBerry dan aplikasi andalannya BlackBerry Messenger telah meraih kesuksesan, dengan 60 juta pengguna di seluruh dunia. Dari tim awal yang hanya beberapa orang, saat ini tim BBM sudah menjadi tim yang besar dan masih menjadi andalan BlackBerry.

Aplikasi BBM Bangkrut

PT Elang Mahkota (EMTK) akan menutup layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) pada 31 Mei 2019. Informasi penutupan aplikasi BBM telah diumumkan di blog resmi BlackBerry Messenger.

Dalam keterangan tertulisnya, BBM menutup platformnya karena sulit mendapatkan pengguna baru dan banyak penggunanya beralih ke layanan pesan instan lainnya. Selain itu, persaingan yang ketat dengan layanan pesan instan lainnya juga menjadi faktor utama penutupan BBM.

Tengok saja WhatsApp, Facebook Messenger dan Line, mereka bisa dikatakan sebagai pemimpin layanan pesan instan saat ini. Mulai tahun 2016, BBM telah memulai perjalanan baru, memperbarui platform, menjadikan platform lebih segar dan lebih kaya fitur.

Perusahaan tertarik untuk menyediakan layanan lintas platform yang memungkinkan pengguna tidak hanya untuk mengirim pesan dan berbagi cerita, tetapi juga untuk menikmati berbagai konten dan bahkan membayar tagihan.

Namun seiring berjalannya waktu, ambisi tersebut kini hanya tinggal kenangan. Untuk referensi Anda, Creative Media Works Pte. Ltd. dan BlackBerry Limited telah secara sah menandatangani perjanjian lisensi BBM untuk menjalankan layanan BBM Consumer Cross Platform.

Fitur Unggulan Blackberry Messenger

Ada banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Blackberry Messenger ini. Beberapa di antaranya bahkan bisa dikatakan merupakan unggulan karena tidak ada pada aplikasi chat lain, yaitu:

1. Live TV

Pengguna BBM tidak perlu takut ketinggalan acara favoritnya, karena sudah ada fungsi live TV di aplikasi. Tidak perlu khawatir kehabisan kuota karena BBM sudah bekerja sama dengan penyedia layanan telekomunikasi.

Contohnya seperti Indosat, mereka saling bekerja sama untuk menyediakan layanan menonton TV gratis 100%. Selain itu, ada BBM News untuk memastikan penggunanya tidak ketinggalan informasi terbaru.

2. BBMoji Islami

Jika Anda ingin melihat tampilan avatar Anda yang dipersonalisasi, tidak perlu membuang uang. BBM menghadirkan banyak varian inovasi pelengkap bagi penggunanya berupa BBMoji.

Jika tidak ada fitur avatar jilbab di aplikasi chat lain, sebenarnya BBMoji lebih inklusif dengan menampilkan aksesoris terkait Ramadhan, sehingga orang yang memakai jilbab bisa lebih leluasa berekspresi.

3. Grup BBM Lebih Besar

Jangan khawatir, BBM sedang menyiapkan tim yang bisa menampung hingga 300 orang. Fungsi lainnya adalah menggunakan fungsi pesan suara untuk mengirim pesan audio ke beberapa grup kontak.

Dikatakan bahwa fitur ini sangat efektif ketika pengguna mengemudi di jalan, tidak punya waktu untuk mengetik, atau merasa teks tidak cukup untuk mengekspresikan dirinya. Dilengkapi dengan kemampuan jumlah kata yang besar di BBM.

4. BBM Channel

Tersedia juga BBM channel yang sangat bermanfaat, jika anda tertarik dengan brand atau organisasi tertentu bisa langsung menggunakan fungsi ini untuk mendapatkan berita terbaru dari pihak tersebut.

Di mata orang-orang berpengaruh, perusahaan, dan penjual online, fitur ini juga merupakan bonus untuk BBM. Fitur ini dapat memberikan manfaat dengan mendekatkan merek mereka ke publik.

5. BBM Desktop

Fitur lain yang ditawarkan oleh Blackberry Messenger adalah BBM Dekstop untuk PC. Untuk para profesional yang selalu fokus pada keyboard dan layar, BBM Desktop akan sangat membantu dalam semua pekerjaan dan komunikasi mereka.

BBM Desktop masih dalam versi beta, tetapi akan segera tersedia untuk khalayak yang lebih luas dengan pembaruan terbaru. BBM Desktop ini bisa digunakan pada perangkat PC Windows, Linux, atau Mac OS yang mendukung.

Istilah Penting pada Blackberry Messenger

Aplikasi ini memang sudah menyudahi perjuangannya, dan tidak lagi tersedia pada perangkat smartphone Blackberry, Android, PC, atau lainnya. Namun, ada beberapa istilah yang bisa dikenang penggunanya, di antaranya sebagai berikut:

1. DP (tampilan gambar)

Istilah ini mengacu pada gambar profil seorang pengguna BBM. Setelah popularitasnya mulai melemah beberapa saat, banyak orang masih menggunakan istilah DP untuk menyebut foto profil pengguna media sosial.

2. DN (nama tampilan)

DP adalah avatar, dan DN adalah avatar pengguna, yang akan muncul di ruang obrolan teman mengobrolnya. Biasanya sedikit aneh dengan menambahkan dekorasi yang ramai, saya tidak tahu apa artinya ini.

3. PM (informasi pribadi)

Pelengkap DN dan DP. Itu terletak tepat di bawah foto profil pengguna. Mulai dari mood pengguna, konten mungkin berbeda. Penjualan, atas nama orang yang dicintai. Fungsinya kurang lebih sama dengan keadaan di berbagai aplikasi messaging saat ini.

4. PIN

PIN merupakan kombinasi angka dan huruf yang menjadi identitas unik setiap pengguna BBM. Jika ada yang ingat, kode PIN di awal angka “2” adalah pengguna BBM ponsel BB, dan kode PIN sebelum “5” adalah pengguna BBM ponsel Android.

5. BC (Siaran)

Ini adalah istilah yang digunakan untuk mengirim pesan yang sama ke beberapa kontak. Saat ini, nama tersebut telah dialihkan ke BM (Broadcast Message).

6. Pengiriman/pembacaan

Ini yang selalu bikin grogi saat di PDKT. Pengguna BBM dapat melihat apakah status pesan terkirim (sent/sent), yang ditandai dengan huruf “D”, atau baru dibaca (read) yang ditandai dengan huruf “R”.

7. TC (Uji Kontak)

TC biasanya dilakukan oleh pengguna BBM saat pertama kali mengirim pesan ke kontak baru

8. Delcont (menghapus kontak)

Salah satu yang “paling menakutkan” di BBM. Jika pertemanan putus, hal ini biasanya menimbulkan kemarahan orang yang terlibat, karena akan menghapus kontak temannya dari BBM.

9. Auto Text

Ini adalah salah satu kegiatan hiburan terbesar BBM. Seseorang harus mengingat teks otomatis dari emoji bentuk yang hilang. Biasanya ada begitu banyak teks otomatis di daftar penyimpanan pengguna. Bisa dibilang ini lebih “maju” daripada emoji, karena di sini tidak ada batasan kreativitas pengguna.

Akhir Kata

Cukup sampai di sini terlebih dahulu ulasan tentang pengertian aplikasi blackberry messenger seperti yang diulas pada artikel ini. Semoga adanya artikel ini membuat Anda menjadi lebih tahu soal aplikasi Blackberry Messenger.